- Pengertian Manajemen
Kata Manajemen
berasal
dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang
mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen berasal dari
bahasa Italia (1561) maneggiare
yang
berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda”
yang berasal dari bahasa latin manus
yang
berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis
manège
yang
berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang
berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga
berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini
dari bahasa Inggris menjadi ménagement,
yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur.
Manajemen berasal dari kata "to
manage" yang
berarti mengatur, mengurus atau mengelola.
Banyak definisi yang
telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun
dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat
dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu :
Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan,
pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang
dilakukan
untuk
menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
pemanfaatan sumberdaya
manusia
dan sumberdaya lainnya.
Sedangkan pengertian
menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :
1.
Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah
seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan
dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
2.
Menurut Henry Fayol
Disebutkan ada lima
fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah,
mengordinasi dan mengendalikan. Sedangkan fungsi
manajemen
adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam
proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
3.
Menurut The Liang Gie, 1982
Manajemen adalah
unsur yang merupakan suatu rangkaian perbuatan yang menggerakkan
karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan
organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.
4.
Menurut George R. Terry, 1994
Manajemen adalah
pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan
mempergunakan kegiatan orang lain.
5.
Menurut Dr. Sp. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”
Manajemen merupakan
kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka
pencapaian tujuan melalui orang lain.
6.
Menurut Ordway Tead yang di sadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku
“Organisasi dan Management”
Manajemen adalah
proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah
penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan
yang telah ditetapkan.
7.
Menurut Richard L. Daft (2002:8)
Manajemen adalah
pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan
efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan
pengendalian sumberdaya organisasi.
8.
Menurut Mulayu S. P. Hasibuan (2000:2)
Manajemen adalah
ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu
tujuan.
9.
Menurut T. Hani Handoko (2000:10)
Manajemen merupakan
bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan
mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan,
kepemimpinan dan pengawasan.
10. Menurut
James A. F. Stoner (2006: Organisasi.org)
Manajemen merupakan
suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua
sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi
yang telah ditetapkan sebelumnya.
11. Menurut
Marry Parker Follet
Manajemen adalah
seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
12. Menurut
Oxford
Manajemen ialah the
process of dealing with or controlling people or things (proses
berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).
13. Menurut
Horold Koontz dan Cyril O’donnel
Manajemen adalah
usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang
lain.
14. Menurut
Lawrence A. Appley
Manajemen adalah
seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
B.
Konsep Dasar Manajemen
Manajemen Sebagai
ILMU
Suatu bidang Ilmu
Pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami
mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan
dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.
Manajemen Sebagai
SENI
Management adalah
seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal,
demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi
pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebagaik
mungkin kepada masyarakat.
Manajemen sebagai
PROFESI
Manajemen sebagai
Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh
orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader,
pemimpin atau ‘manajer’ pada suatu organisasi atau perusahaan
tertentu.
Manajemen sebagai
PROSES
Management adalah
proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut
digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara
berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah
ditetapkan.
- Fungsi - Fungsi Manajemen
Pengertian
Fungsi manajemen
dapat diartikan sebagai kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh
seorang manajer dalam kegiatan manajerialnya. Sehingga kegiatan
manajerial yang dilakukan oleh manajer tersebut dapat dikatakan
sebagai kegiatan proses manajemen. Proses tersebut bermula dari
pembuatan perencanaan sampai pada pengadaan pengawasan terhadap
pelaksanaan rencana tersebut. Pengawasan yang dilakukan bertujuan
untuk mengetahui efektif atau tidaknya pelaksanaan rencana sehingga
tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Secara menyeluruh,
fungsi manajemen tersebut adalah sebagai berikut :
- Perencanaan
- Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
- Kegiatan dalam fungsi perencanaan:
- Menetapkan tujuan dan target bisnis
- Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
- Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
- Pengorganisasian
- proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
- Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian:
- Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
- Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
- Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
- Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
- Penyusunan Personalia
- Adalah penarikan (rekruitmen), latihan & pengembangan, serta penempatan & pemberian orientasi para karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan & produktif.
- Kegiatan dalam fungsi penyusunan personalia: pembuatan sistem penggajian untuk pelaksanaan kerja yang efektif, penilaian karyawan untuk promosi, transfer atau bahkan demosi maupun pemecatan, serta latihan & pengembangan karyawan.
- Pengarahan
- proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
- Kegiatan dalam fungsi pengarahan:
- Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
- Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
- Pengawasan
- proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
- Kegiatan dalam fungsi Pengawasan:
- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
- Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
- Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Sumber:
Handoko, Hani T.
2009. Manajemen
Edisi Kedua.
Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA
http://pengantarmanajemen.edublogs.org/2011/10/03/konsep-dasar-manajemen/
0 komentar:
Posting Komentar